Minggu, 20 Februari 2011

INTERNET

Internet adalah jaringan computer yang saling terhubung ke seluruh dunia dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif. Secara fisik internet adalah terkoneksi antar jaringan computer namun secara umum internet harus dipandang sebagai sumber daya informasi. Isi internet adalah informasi yang dapat dibayangkan sebagai suatu databse atau perpustakaan multimedia yang sangat besar dan lengkap dan dapat dipandang sebagai dunia dalam bentuk lain ( maya ) karena hampir seluruh aspek kehidupan di dunia nyata ada di internet. Dengan menggunakan internet maka computer sekolah, kampus, individu dapat saling terkoneksi

SEJARAH INTERNET

Awalnya internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat melalui proyek ARPA yang disebut ARPANet ( Advanced Research Project Agency Network ). Mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hadware dan software komputer yang berbasis UNIX dapat melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telephone. Proyek ARPANET diawali jaringan terpadu antara Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara dan University of Utah diperkenalkan secara umum dan berkembang pesat. Maka kemudian berkembang menjadi MILnet dan ARPAnet. Milnet dipakai untuk keperluan Militer dan Arpanet dipakai pada universitas-universitas. Gabungan antara keduanya dikenal dengan DARPA INTERNET yang disederhanakan menjadi Internet. Internet dapat dimanfaatkan dalam informasi dan berita, bisnis, gaya hidup, Ilmu, hiburaan, transaksi dan social

Untuk dapat mengakses internet kita dapat melakukan dengan berbaagai cara diantaranya : Dial-up, melalui kabel : ADSL, Wireless, mobile dan Hotspot.

Istilah penting dalam internet :

  1. Wifi ( Wireless Fidelity ) merupakan sebuah teknologi yang memungkinkan sejumlah komputer terhubung dalam sebuah jaringan tanpa kabel
  2. Hotspot adalah jangkauan dari WiFi
  3. ISP ( Internet Service Provider ) adalah perusahaan yang khusus menangani layanan bagaimana seseorang, kantor dan organisasi dapat memanfaatkan internet
  4. Modem ( Modulator Demodulator ) adalah alat yang digunakan untuk merubah sinyal analog menjadi digital dan sebaliknya
  5. DSL ( Asymmetric Digital Subscriber Line) adalah koneksi jaringan internet kecepatan tinggi, dimana sinyal yang masuk tidak sama dengan sinyal yang keluar ( asimetris )

Dalam internet kita mengenal www. Ini adalah fasilitas internet yang menghubungkan dokumen web (web page) dalam lingkup local maupun jarak jauh. Karena link di web maka user bisa pindah dari satu page ke page yang lainnya ( hypertext ) baik antar page yang disimpan dalam server yang sama maupun server di seluruh dunia.. Page ini dibaca melalui sebuah aplikasi yang disebut dengan web browser. Web browser merupakan perangkat lunak ( software ) yang digunakan untuk mengakses Word Wide Web atau untuk berselancar atau menjelajah internet. Software ini mampu menampilkan informasi yang terdapat pada suatu alat internet serta menuju halaman lain yang terkait yang disediakan oleh halaman tersebut. Contoh web browser misalnya Mozilla Firefox, Opera maupun internet Explorer.

Untuk dapat mencari informasi di internet perlu diketahui alamat website yaitu URL ( Universal Resource Locator ). Website merupakan sekumpulan halaman web milik seseorang atau suatu badan yang dikumpulkan atau dikemas. Homepage adalah untuk menyebutkan halaman pertama yang akan muncul jika sebuah situs web diakses. Prinsip pengaksesan alamat situs web bahwa setiap computer yang terhubung dengan jaringan internet diberikan sebuah nomer yang unik dan berkomunikasi satu dengan yang lainnya dengan bahasa komunikasi yang sama. Bahasa komunikasi ini disebut dengan protokol. Misal kita akan gampang mengingat www.google.com daripada mengingat angka 64.233.189.104. Ada lagi yang disebut dengan domain name adalah merupakan penamaan halaman web di internet atau digunakan untuk search engine tempat web seseorang dan merupakan alamat rumah seseorang di dunia internet.

FTP ( File Transfer Protokol) merupakan suatu protocol yng digunakan untuk melakukan transfer berkas. Klien dapat mengirimkan berkas ke server FTP atau mengambil berkas dari server FTP. Proses untuk mengirimkan berkas milik klient ke server FTP disebut dengan upload dan proses untuk mengambil berkas dari server FTP dan menyalinnya di computer klient disebut dengan download.

SEARCH ENGINE

Search engine merupakan sebuah situs khusus yang dirancang untuk menyimpan catalog serta menyususn daftar alamat di internet berdasarkan topic contohnya misalnya www.google.com, www.yahoo.com atau www.msn.com.

Menggunakan search engine dapat dilakukan dengan cara :

  1. Boolean Searching Operator ( AND, AND NOT, OR ). Contohnya anda meminta pizza dengan pepperoni dan ham, tetapi tanpa zaitun dan bawang putih maka cara operatornya adalah pizza AND Pepperoni AND ham AND NOT olives AND NOT garlic maka interpretasi search engine adalah carilah link ke semua pages yang meliputi kata pizza seperti halnya kata pepperoni dan kata ham tetapi mengabaikan pages yang mengandung kata zaitun atau kata garlic.
  2. Near Operator. Contoh mencari Thomas Alva Edison dapat dilakukan dengan Thomas NEAR Edison
  3. Search Engine Math. Suatu cara yang lebih mudah. Dengan penyederhanaan sintaksis pencarian, yang bersifat psedo-Boolen contoh +pizza+pepperoni+ham-olives-garlic. Jika kita mengeja suatu kata atau suatu ungkapan dengan huruf kecil, mesin pencari akan mencocokkan baik dalam huruf besar dan huruf kecil pada webpage contohnya misalnya : pencarian “ apple computer” akan memberikan page berisi apple computer, Apple Computer dan APPLE COMPUTER.

APLIKASI INTERNET

Dewasa ini internet dapat diaplikasikan dalam berbagai keperluan diantaranya :

1. E-Mail

Email adalah surat elektronik. Dengan email ini maka berkirim surat akan menjadi cepat, mudah dan murah serta dapat mengirin surat dari computer satu dengan yang lain di seluruh dunia kapan saja dan dimana saja. Pesan dalam surat bisa berupa tulisan, gambar suara dan video dengan kerja yang nonstop 24 jam 7 hari dalam satu minggu.

Anatomi email terdiri dari header dan body. Header memuat to ( kepada) merupakan alamat tujuan, CC ( Carbon Copy ) merupakan alamat tujuan dan Subject ( judul ) berisi topic surat. Body berisi isi surat maupun tanda tangan. Jenis e mail ada web mail dan POP mail. Webmail adalah email yang berbasis web dan dapat dibaca secara online maupun offline dan dapat diakses dimana saja dan kapan saja. Sedangkan POP mail menggunakan outlock dan dibaca offline dan diakses dari computer tertentu.

Untuk mengatur email maka kita dapat membuat 2 buah alamat email yaitu pribadi dan resmi, serta memeriksanya 2 kali sehari pada waktu luang. Untuk menghemat mailbox maka kita harus menghapus email yang sudah dibaca. Untuk menghindari spaming maka hindari mailing list yang tidak berguna dan tidak membalas surat yang tidak dikenal dan bila perlu gunakan fasilitas block address untuk menolak email tertentu.

Peran email bagi kita :

  1. Media belajar online di universitas terbuka nasional dan internasional dan riset kampus
  2. Komunikasi dengan mitra bisnis dan mencari peluang bisnis baru di dunia internasional
  3. Melamar pekerjaan
  4. Mengefektifkan proses belajar mengajar
  5. Media informasi dan komunikasi yang infocentris, mudah, hemat dan cepat antara civitas akademika
  6. Mempererat hubungan solidaritass persahabatan dan persaudaraan tanpa batas
  7. Sarana promosi dan popularitas dalam jangkauan yang luas

Dalam menggunakan email kita sebaiknya:

  1. Memberikan judul yang menjelaskan isi surat yang akan dikirimkan
  2. Jangan mengirimkan ke orang yang tidak berkepentingan
  3. Gunakan Bcc pada saat mengirim surat ke banyak orang yang tidak saling mengenal
  4. Kirimkan pesan dengan singkat dan jelas
  5. Jangan menggunakann huruf cetak yang berarti anda sedang berteriak
  6. Jangan menulis pesan yang tidak ingin anda publikasikan
  7. Gunakan tanda smile untuk menghindari kesalahpahaman
  8. Jangan mengirimkan ke orang banyak kecuali memang pesan itu penting untuk umum
  9. Hindari email yag menyinggyng perasaan
  10. Bubuhkan nama atau inisial anda pada akhir pesan

2. Mailing list

Mailing list adalah kelompok diskusi di mana setiap orang bisa berlangganan dan berpartisipasi di dalamnya, atau sebuah daftar alamat-alamat email yang memiliki kesukaan dan kepentingan yang sama atau daftar kelompok penerima surat elektronika dalam yahoo dan google diistilahkan dengan group.

Manfaat mailing list adalah :

  1. Efisiensi dalam berkirim email, seseorang anggota cukup mengirimkan email ke satu alamat email ( group ) untuk kemudian disebarkan ke anggota milis
  2. Diskusi antar anggota, sharing ide, sharing files dan polling
  3. Komunitas dunia maya ( virtual )

Dalam pembelajaran milis digunakan sebagai sarana diskusi secara elektronik antara guru dengan siswa serta antara kelompoknya, polling memberikan pengumuman dan pengiriman tugas.

Persiapan dalam membuat milis :

  1. Tujuan pembuatan dan apa yang diharapkan dari milis
  2. Apa ukuran keberhasilan milis
  3. Siapa yang mengelola milis ( pemilik dan moderator ) dan siapa anggota milis dan berapa lama group akan ada,

Cara membuat Milis adalah

  1. Klik browser misalnya : Mozilla Firefox
  2. Ketikan alamat www.yahoogroups.com pada address bar kemdian enter
  3. Klik star group
  4. Jika telah sign in melalui yahoo!mail ketikkan alamat www.yahoogroups.com dan tekan enter lalu start your group
  5. Pilihlah kategori milis yang akan dibuat, misalnya Bussiness, Finance, Education, Alumni dan sebagainya
  6. Mendeskripsikan milis. Berikan uraian singkat tentang aktivitas milis
  7. Memilih Yahoo profile dan email address
  8. Pemilik atau moderator dapat melakukan invite ( undangan ) kepada para calon anggota milis
  9. Calon anggota yang mendapatkan undangan supaya masuk anggota harus menjawab undangan dengan mengklik joined melalui account email masing-masing.
  10. Sekarang anggota mulai dapat melakukan diskusi.

3. CHATING

Chating adalah melakukan diskusi secara real time dengan program aplikasi seperti :

  1. mIRC
  2. MSN Messenger
  3. Yahoo Messenger
  4. ICQ dan lain-lain

4. SOCIAL NETWORK

Social network ( jejaring social ) telah ada sejak awal manusia dan semua orang memiliki jejaring social, antara lain di lingkungan orang-orang dalam pekerjaan, teman-teman dalam pergaulan, keluarga, klien, vendor. Jejaring social adalah suatu yang memusatkan layanan kepada pembentukan jaringan untuk bersosialisasi antara pengguna internet, terutama untuk berbagai kesukaan dan aktifitas melalui internet misalnya www.facebook.com, www.friendster.com, dan www.myspace.com. Dengan menggunakan jejaring social kita akan dapat :menjaga hubungan dengan teman lama, menemukan teman baru, membentuk jaringan social, eksplorasi pribadi, eksplorasi kelompok, menumbuhkan interaksi kelompok, melampaui batas geografi, relasi alumni, rekrutmen, ruang maya, dan rasa memiliki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar