Rabu, 02 Februari 2011

DASAR-DASAR PEMROGRAMAN 2 (DELPHI)

Algoritma adalah sejumlah langkah komputansi yang mengubah masukan ( input ) menjadi keluaran (output) yang benar. Algoritma diimplementasikan dalam bahasa pemrograman tertentu.

Delphi adalah sebuah pperangkat lunak yang digunakan untuk membuat apllikasi berbasis antarmuka grafis di lingkungan sistem operasi Microsoft Windows. Dibuat oleh Borland Software Corporation sejak tahun 1993 dengan bahasa pemrograman yang digunakan adalah bahasa Pascal. Delphi berguna untuk membuat program seperti program untuk hitungan, pengolahan data maupun menganalisis gambar. Delphi merupakan bahasa tingkat tinggi ( high Level Langauage) sekelaas dengan bahasa Pascal, Basic dan C. Bahasa yang digunakan dalam Delphi procedural yang berarti mengikuti urutan tertentu, dan perintahnya dapat dilakukan dengan visual. Pemrogram tinggal memilih objek apa yang ingin dimasukkan ke dalam Form windows, lalu tingkah laku objek saat menerima event/aksi tinggal dibuat programnya. Delphi merupakan bahasa berorientasi objek, artinya objek, property dan metode dikemas menjadi satu kemasan.

IDE dalam Delphi

Ide adalah tempat untuk membuat aplikasi mulai dari :

  1. Mendesain antar muka
  2. Menulis kode program ( coding )
  3. Menjalankan program ( running )
  4. Mendebug
  5. Menkompilasi ( compile )
  6. Menyebarluaskan apilkasi yang dibuat ( deploy )

Ada beberapa hal penting adalam Delphi diantaranya :

  1. menu bar. Menu bar adalah merupakan tempat menggulung ( Pull Down ) menu-menu perintah. Sebuah menu terdiri dari beberapa daftar perintah ( menu command). Di sebelah kiri masing-masing perintah terdapat sebuah ikon yang menggambarkan fungsinya.
  2. Tool bar adalah sekumpulan tombol yang dapat digunakan unntuk melakukan suatu perintah. Fungsi Tool Bar sama dengan menu bar namun keunggulannya adalah cepat diakses untuk menjalankan perintah tertentu. Komponen palete adalah digunakan untuk mengumpulkan komponen-komponen Delphi. Komponen Delphi dibagi menjadi beberapa jenis : komponen visual komponen yang terlihat pada saat proses mendesain aplikasi maupun setelah aplikasi dijalankan. Komponen nonvisual komponen yang hanya terlihat pada saat proses mendesain aplikasi, namun tidak dapat terlihat pada saat dijalankan
  3. Form designer atau Form adalah tempat meletakkan kompnen-komponen palete saat membuat desain antar muka aplikasi secara default akan tampil secara otomatis ketika menjalankan program.
  4. Kode editor adalah tempat untuk menuliskan kode-kode program. Di dalam kode editor telah ada beberapa baris yang dibuat Delphi secara otomatis, di tempat inilah menyisipkan atau menuliskan kode-kode program secara lengkap.
  5. Oject Inspector. Digunakan untuk mengubah property komponen terpilih yang berada dalam form. Ada 2 bagian utama pada object inspector, yaitu properties dan event. Pada setiap bagian terdapat terdapat dua buah kolom yakni kolom sebelah kiri merupakan namma-nama property atau evet dan kolom sebelah kanan adalah nialai-nilai yang diisikan pada properti atau evet yang bersangkutan.
  6. Object Treeview yang berfungsi untuk memampilkan berbagai komponen yang digunakan pada saat membuat aplikasi yang ditampilkan dengan struktur pohon. Dan komponen Delphi adalah jantung bagi pemrograman visual, Dibagi menjadi berbagai jenis komponen diantaranya Standard, Additional, Win 32, System, Data Acces, Data control, BDE, ADO dan lain-lain.

Sebuah proyek adalah sebuah kumpulan file yag diperlukan untuk membangun sebuah aplikasi. Beberapa file ini akan dibuat pada saat proses mendesain aplikasi, sedangkan beberapa lainnya dibuat saat proses kompilasi source code.

Sebuah proyek Delphi akan terdiri dari beberapa file antara lain file yang menyimpan program file yang menyimpan binary gambar dan lainnya. Karena setiap aplikasi terdiri dari beberapa file, sangat disarankan agar menyimpan sebuah aplikasi pada sebuah folder.

Reversed word adalah kata-kata baku yang digunakan dalam pemrograman dan sudah terintegrated dalam Pascal yang mempunyai bentuk serta kegunaan tertentu yang telah didefinisikan Delphi. Reserved word tidak boleh didefinisikan kembali oleh pemakai, sehingga tidak dapat digunakan sebagai pengenal ( identifier )

Agar program aplikasi dapat dijalankan tanpa mengunakan program Delphi perlu dibuat file exe untuk program aplikasi tersebut. Caranya adalah dengan ;

  1. Sebelum membuat file exe dari proyek terlebih dahulu proyek disimpan. Untuk menyimpannya dengan mengklik icon save atau save all
  2. Selanjutnya mengkompilasi proyek dengan mengklik menu project lalu klik Compile ( nama proyek )
  3. Nama proyek yang kita buat adalah project 1, setelah itu klik menu Build ( nama proyek Anda )
  4. File exe tersebut berada di derektori tenpat proyek tersebut dibuat.

Dalam penulisan pada Delphi harus memenuhi atiran-aturan sebagai berikut :

  1. Bahasa Pascal menggunakan huruf ( aAzZ), angka ( 0…9) dan symbol khusus ( +-*/=^<>(){},.;’#$ )
  2. Tidak dibedakan penulisan menggunakan huruf kapital maupun huruf kecil
  3. Penulisan kode bisa dimulai dari kolom berapa saja dan bisa memanjang sampai kolom beberapapun.
  4. Setiap akhir pernyataan diakhiri dengan tanda titik koma ( ; )
  5. Akhir program atau unit ditandai dengan penulisan tanda titik ( . )
  6. Komentar program ditulis di belakang tanda double slash // hingga akhir baris atau ditulis dengan tanda (“”)

Tipe data

Ada enam jenis tipe data pada Borland Delphi yaitu :

  1. Tipe sampel : terbagi atas dua tipe yaitu : Tipe ordinal ( Tipe Integer, Tipe Character, Tipe Boolean, Tipe Enumerated, Tipe Subrange ), Tipe real
  2. Tipe String
  3. Tipe Structured
  4. Tipe Pointer
  5. Tipe Prosedural
  6. Type Variant

1 komentar:

  1. lengkap niyh , ,sejarahnya mazz . .
    bisa dijadikan refrensi niyh , ,thanks ya maz

    BalasHapus