Sabtu, 12 Maret 2011

INTERNET DAN PENGGUNAANNYA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA ( NOMER 1 )

Internet adalah jaringan computer yang saling terhubung ke seluruh dunia dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif. Secara fisik internet adalah terkoneksi antar jaringan computer namun secara umum internet harus dipandang sebagai sumber daya informasi. Isi internet adalah informasi yang dapat dibayangkan sebagai suatu databse atau perpustakaan multimedia yang sangat besar dan lengkap dan dapat dipandang sebagai dunia dalam bentuk lain ( maya ) karena hampir seluruh aspek kehidupan di dunia nyata ada di internet. Dengan menggunakan internet maka computer sekolah, kampus, individu dapat saling terkoneksi

SEJARAH INTERNET

Awalnya internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat melalui proyek ARPA yang disebut ARPANet ( Advanced Research Project Agency Network ). Mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hadware dan software komputer yang berbasis UNIX dapat melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telephone. Proyek ARPANET diawali jaringan terpadu antara Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara dan University of Utah diperkenalkan secara umum dan berkembang pesat. Maka kemudian berkembang menjadi MILnet dan ARPAnet. Milnet dipakai untuk keperluan Militer dan Arpanet dipakai pada universitas-universitas. Gabungan antara keduanya dikenal dengan DARPA INTERNET yang disederhanakan menjadi Internet. Internet dapat dimanfaatkan dalam informasi dan berita, bisnis, gaya hidup, Ilmu, hiburaan, transaksi dan social

Untuk dapat mengakses internet kita dapat melakukan dengan berbaagai cara diantaranya : Dial-up, melalui kabel : ADSL, Wireless, mobile dan Hotspot.

Untuk dapat mencari informasi di internet perlu diketahui alamat website yaitu URL ( Universal Resource Locator ). Website merupakan sekumpulan halaman web milik seseorang atau suatu badan yang dikumpulkan atau dikemas. Homepage adalah untuk menyebutkan halaman pertama yang akan muncul jika sebuah situs web diakses. Prinsip pengaksesan alamat situs web bahwa setiap computer yang terhubung dengan jaringan internet diberikan sebuah nomer yang unik dan berkomunikasi satu dengan yang lainnya dengan bahasa komunikasi yang sama. Bahasa komunikasi ini disebut dengan protokol. Misal kita akan gampang mengingat www.google.com daripada mengingat angka 64.233.189.104. Ada lagi yang disebut dengan domain name adalah merupakan penamaan halaman web di internet atau digunakan untuk search engine tempat web seseorang dan merupakan alamat rumah seseorang di dunia internet.

FTP ( File Transfer Protokol) merupakan suatu protocol yng digunakan untuk melakukan transfer berkas. Klien dapat mengirimkan berkas ke server FTP atau mengambil berkas dari server FTP. Proses untuk mengirimkan berkas milik klient ke server FTP disebut dengan upload dan proses untuk mengambil berkas dari server FTP dan menyalinnya di computer klient disebut dengan download.

SEARCH ENGINE

Search engine merupakan sebuah situs khusus yang dirancang untuk menyimpan catalog serta menyusun daftar alamat di internet berdasarkan topic contohnya misalnya www.google.com, www.yahoo.com atau www.msn.com. Misalnya kita ingin mencari suatu informasi tertentu dan kita belum tahu alamat websitenya maka kita cukup dengan mengetik kata kunci aada kolom yang tersedi di searchengine yang kita gunakan.

Aplikasi internet dalam pembelajaran Fisika

Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat khususnya dalam bidang internet dapat digunakan dalam pembelajaran khususnya dalam mata pelajaran fisika. Penggunaannya dapat dilakukan melalui email, penugasan dengan sarana web, sistem pengelola pembelajaran(learning management systems), milist (mailing list) dan lain sebagainya. Secara umum penggunaan internet dalam pembelajaran fisika misalnya melalui :

1. Email

Pada saat ini, penggunaan email merupakan cara komunikasi yang inovatif dengan peserta didik. Cara penggunaannya dapat dilakukan secara dialog orang-per-orang(one-on-one dialogs). pokok bahasan tertentu dan sebagian besar email untuk penugasan. Dengan menggunakan email ini misalnya tugas kepada siswa dapat dikirimkan secara cepat dan real time. Misalnya pada malam hari ada seorang siswa yang ingin mengerjakan tugas dapat meminta soal atau bahan pelajaran dari guru melalui email. Guru tinggal mengirimkan tugas melewati email dan jawabanya pun bisa dikirim ke guru melalui email.

2. Penugasan Web

Penggunaan internet dapat diimlementasikan melalui sebuah web khusus dengan informasi yang berlebih dan kemudahan dalam menemukan materi. Di lingkungan pendidikan seorang guru misalnya dapat memberikan tugas kepada siswa melalui sebuah situs web tertentu sehingga dan siswa dapat mengunduhnya serta mengupload dalam situs tersebut. Atau bisa dilakukan dengan menggunakan web sebagai sarana untuk melakukan test secara online misalnya. Ini akan sangat membantu siswa maupun guru untuk proses pembelajaran yang bisa dikatakan nonstop, kapanpun dan dimanapun. Walaupun beberapa peserta didik sudah terbiasa dengan pencarian informasi pada web, sebagian lagi masih membutuhkan bantuan untuk dapat bekerja secara lebih efektif dan produktif. Seorang guru fifika dapat membuat test secara online atau bentuk yang lain yang dapat membantu siswa untuk belajar kapanpun atau dimanapun.

3. Perangkat Lunak Pengelola Pembelajaran Fisika.

Untuk mempermudah dalam membuat berbagai macam materi pembelajaran dalam web dikembangkan perangkat lunak pengelola pembelajaran yang menyediakan berbagai fasilitas untuk pengisian materi, pencatatan data, penilaian, dan pembuatan laporan. Dengan perangkat ini, seorang guru mendapatkan kemudahan dalam penggunaan dan dapat diintegrasikan dengan perangkat lunak pembelajaran yang lain. Dokumen yang ditulis dalam Word, PowerPoint, Excell dan sebagainya, dapat dengan mudah di upload dalam pembelajaran on-line yang dapat diakses oleh peserta didik. Ditambah lagi dengan adanya Learning Management System ( LMS )

4. Pengajaran menggunakan Blog

Blog dapat digunakan sebagai sarana dalam melakukan diskusi antar guru dengan siswa atau anatar siswa dengan siswa. Blog adalah merupakan jurnal yang dapat dikomentari. Bisa juga siswa diminta oleh guru untuk membuat blog yang fungsinya untuk memposting materi pelajaran yang ditugaskan oleh guru.

5. Penggunaan ruang kelas maya atau virtual classroom

Model ini menjadi trend yang terus menerus akan menjadi sangat popular seiring dengan pengembangannya. Dengan sinkronisasi e-learning maka akan memperbesar struktur dan pelayanan yang menyertai program pendidikan formal dari kampus atau pusat pembelajaran ke peserta belajar/pembelajar, dimana mereka berada. Ruang kelas maya memungkinkan pebelajar mengambil program pendidikan jarak jauh yang terhimpun keseluruhan dari pengajaran on-line, dan mungkin termasuk kuliah berbasis kampus, dimana peserta didik bergabung dalam bebagai tempat diluar atau di dalam lokasi kampus, dalam kelas nyata melalui internet. Pengembangan lebih lanjut pembelajaran menggunakan Pembelajaran bergerak (Mobile Learning). Mobile learning dikembangkan karena ketersediaan jaringan dan peralatan digital portabel seperti komputer laptop, PDA, MP3 player, dan telepon mobil.

6. Pencarian materi pembelajaran yang berupa video atau gambar

Ini bisa membuat siswa menjadi seolah mengalami bila dalam keadaan nyata tidak memungkinkan. Misalnya seorang guru fisika akan menjelaskan tentang bom atom maka bisa dilakukan dengan mencari gambar atau film yang beruhubungan dengan bom aton si situs-situs internet yang menyediakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar